Hemoglobin Rendah? 4 Makanan Ini Bisa Mengatasinya!

Kamis, 30 Januari 2020 - 17:06 WIB
Hemoglobin Rendah? 4 Makanan Ini Bisa Mengatasinya!
Hemoglobin Rendah? 4 Makanan Ini Bisa Mengatasinya!
A A A
JAKARTA - Hemoglobin (Hb) adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Jika Anda tahu ketika hemoglobin rendah, ini menjadi tanda yang tidak boleh diabaikan. Hemoglobin memainkan peran penting, dari menjaga tingkat energi tetap tinggi hingga menjaga kondisi seperti anemia. Itulah sebab, sangat penting untuk dijaga dalam kisaran normal.

Untuk pria, kisaran normal Hb adalah 13,5 hingga 17,5 gram per desiliter dan untuk wanita adalah 12,0 hingga 15,5 gram per desiliter. Jadi, setelah melakukan tes hemoglobin, jika hasilnya tidak memuaskan, akan lebih baik untuk pergi ke dapur dan mengandalkan bahan-bahan yang ada untuk mendapatkan Hb normal.

"Dapurmu memiliki semua jawaban untuk obatnya," kata Nutritionist Lovneet Batra asal India yang membagikan postingan di Instagram.

Dia juga menyebutkan beberapa bahan penting untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh yang yang bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Seperti dilansir The Indian Express, berikut bahan-bahan yang bisa mengatasi masalah Hb.

1. Akar bit
Akar bit dipenuhi dengan zat besi, mineral dan vitamin yang membantu memperbaiki dan mengaktifkan kembali sel darah merah, yang pada gilirannya meningkatkan pasokan oksigen. Jus bit dengan wortel, dan jeruk adalah kombinasi yang sangat baik untuk melawan kadar hemoglobin yang rendah.

"Itu tidak hanya akan meningkatkan zat besi tetapi juga akan membersihkan kulit Anda dan membuatnya bersinar," kata Batra.

2. Delima
Sebagai sumber yang kaya vitamin C, zat besi, serat dan kalium, buah delima mengandung asam askorbat yang membantu mengatur jumlah darah. Kadar hemoglobin naik ketika ditambahkan ke makanan sehari-hari seseorang.

3. Kecambah

Kekurangan asam folat diketahui menyebabkan kadar hemoglobin yang rendah. Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, kecambah, kacang kering, kacang tanah, pisang, brokoli adalah cara untuk meningkatkan jumlah darah.

4. Kurma

Kurma diketahui mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Namun, penderita diabetes harus menghindari konsumsi terlalu banyak karena diketahui mengandung kadar gula tinggi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4186 seconds (0.1#10.140)